Tiket Kereta Api Dapat Dibeli di Indomaret
Tiket kereta api (KA) kelas
Eksekutif/Argo dan kelas Bisnis kini bisa dipesan dan dibeli di
Indomaret di wilayah Jawa. Peresmian dilakukan oleh Direktur Komersial
PT. Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito dan
Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), Wiwiek Yusuf di
Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (14/6). Kerja sama tersebut adalah
sebagai salah satu upaya PT. KAI untuk terus meningkatkan pelayanan
kepada masyarakat dalam memberikan kemudahan memperoleh tiket KA.
Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo
Wimbo Hardjito mengisi form pemesanan tiket KA di salah satu toko di
Indomaret yang berada di kawasan Stasiun Gambir disaksikan oleh Direktur
Marketing PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf (menggunakan batik).
Konsumen yang hendak membeli tiket KA
dapat langsung mendatangi toko Indomaret di seluruh wilayah Jawa, dengan
memberikan informasi mengenai : Nama calon penumpang, alamat dan nomor
telepon, Nomor/Nama kereta api yang akan digunakan, asal dan tujuan
perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan, jumlah penumpang yang akan
berangkat (maksimum 4 tempat duduk) dan Kelas kereta Api yang
diinginkan. Selanjutnya setelah melakukan transaksi akan mendapat kode
booking atau bukti pembayaran dari Indomaret yang bisa langsung ditukar
dengan tiket KA di stasiun pemberangkatan. Pemesanan tiket KA di toko
Indomaret dapat dilakukan H-30 (tiga puluh hari) sampai dengan H-1 (satu
hari) sebelum keberangkatan KA.
Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo
Wimbo Hardjito juga mencoba pembelian tiket KA melalui M-KIOS yang
tersedia di toko Indomaret.
Pada kesempatan tersebut Wimbo
menjelaskan bahwa, kerjasama ini untuk mengikuti selera konsumen yang
sudah akrab dengan teknologi informasi. “Ke depan beli tiket atau pesan
tiket KA dapat dilakukan kapan dan dimana saja termasuk melalui telepon
genggam dan Kios tiket (Vending Machine) yang akan ditempatkan di
stasiun maupun di pusat perbelanjaan/ mal-mal.“ ujar Wimbo.
Indomaret memutuskan bekerjasama dengan
PT. KAI bukan semata demi keuntungan finansial. Penambahan layanan baru
ini menurut Wiwiek Yusuf, bukan saja untuk menambah jumlah frekuensi
kunjungan pelanggan tetapi membantu pemerintah dalam memberikan
kemudahan dan kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan secara
cepat, mudah dan aman. Fasilitas tiket KA tersedia di 4.570 toko
Indomaret di Jawa. Total Indomaret kini mencapai 5.372 toko di Jawa,
Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi.
Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo
Wimbo Hardjito (kiri)) dan Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama,
Wiwiek Yusuf (menggunakan batik), menyaksikan seorang pembeli yang
sedang membeli tiket KA melalui layanan Indomaret.
Selain itu menurut VP Penjualan Angkutan
Penumpang, Adi Suryatmini, tersedia juga berbagai pilihan sesuai
keinginan pelanggan, antara lain reservasi melalui loket stasiun, agen
perjalanan, Kantor Pos atau melalui Contac Center 121 dengan menekan
121(dari telepon rumah ) atau 021-121 dari telepon genggam, para calon
penumpang akan memperoleh kode booking/pemesanan. Selanjutnya calon
penumpang dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI, BII, MANDIRI, OCBC
NISP , BPRKS, CIMB Niaga, PANIN Bank atau BPD Yogyakarta. Pembayaran
dilakukan maksimal 3(tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
Selanjutnya bukti pembayaran ATM dapat ditukarkan di loket stasiun pada
saat sebelum atau hari keberangkatan. Pemesanan melalui Contact Center
ini hanya untuk KA kelas Eksekutif/Argo maupun Bisnis yang dapat
dilakukan 30 hari sd. 6 jam sebelum keberangkatan KA.
Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo
Wimbo Hardjito(kiri) dan Direktur Marketing PT. Indomarco Prismatama,
Wiwiek Yusuf (kanan) bersama salah seorang pembeli tiket KA yang
menggunakan layanan penjualan di Indomaret, seusai menukarkan struk ke
loket khusus.
Selain untuk pemesanan tiket, Contact
Center 121 juga berfungsi sebagai pusat informasi jadwal perjalanan dan
tarif serta untuk menerima keluhan pelanggan. Dikatakan Adi Suryatmini
bahwa di Jawa dan Sumatera ada sekitar 145 stasiun yang sudah online,
disamping itu juga terdapat 178 agen tiket perjalanan yang tersebar di
berbagai kota yang bekerjasama dengan PT.KAI dalam penjualan tiket.
Apabila calon penumpang/pelanggan
melakukan pembatalan pemesanan tiket KA, maka calon penumpang/pelanggan
hanya bisa melakukannya di loket-loket stasiun dengan mengikuti
ketentuan yang berlaku. Demikian VP Public Relations PT KAI, Sugeng
Priyono menambahkan. (Humaska)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar