Jumat, 04 November 2011

MOD di kereta....?? apasih itu....??

PT KA berbenah.....


awal awal dulu kenal kereta api bener2 engga banget dech..... dulu untuk perjalanan jauh solo-jakarta kalo ga naik pesawat ya naik bus vvip atau bigtop yg layanannya yahud 
begitu naik kereta api.. begitu beragam ada yang enak.. ada yang eneg...
kenapa begitu ya...?? 


ternyata karena kurangnya pengawasan untuk layanan pada penumpang...
dulu sering kejadian tempat duduk ga nyaman, selimut kotor, bantal buluk, pengaduan ke awak kereta ga di tanggapin, wc kotor.. pokoknya yg ga enak dech..
 komplain pun sering ga didengar ga diperhatikan ...


SEKARANGLLAH SAATNYA BEBENAH.......!!


MOD... hhmm apakah itu...?? 
Manager On Duty..... is petugas khusus yang akan melayani penumpang secara khusus di atas KA..... tapi memang belum semua 
pembenahan dilakukan secara bertahap, untuk tahap awal ini MOD ada di kereta 
Bima
Gajayana
Argo Bromo Anggrek
Bangunkarta
Argo Lawu
Argo Dwipangga
Argo Muria
Argo jati
Argo Parahyangan
Argo Wilis
dan ke depan MOD akan ada dikereta kereta yang lain.


sebenernya apasih tugas MOD itu...??

ümenjelang  keberangkatan KA  melakukan cek kesiapan Rangkaian , Kesiapan fasilitas dan sarana  umum  dan kelengkapan Crew KA. (cek list terlampir)
üMengawasi Boarding Position para Prama dan Prami serta memastikan bahwa petugas selalu tersenyum dan memberikan “Greeting”.
üMenempatkan papan Nama  & NO. HP ditempat yang telah di tentukan dan mudah untuk di lihat penumpang.
ü5 menit menjelang keberangkatan KA   memberikan informasi melalui Audio Visual kepada  para penumpang dan pengantar
üBerapa saat setelah KA berangkat , melalui Audio Visual  memperkenalkan Crew KA yang bertugas dan memberikan informasi di stasiun-stasiun mana KA akan berhenti. Mendampingi Kondektur melakukan pemerikasaan tiket dan mencatat turun naik penumpang distasiun tujuan masing-masing
üMengecek menu yang tersedia di Restorasi KA jika perlu memcicipi rasa dan kesegarannya.
üMengawasi Pelayanan yang dilakukan para petugas restorasi
üSetiap 30 menit melakukan pengecekan dan kontrol kenyamanan penumpang  di setiap KA
üMenerima dan menjawab SMS dari penumpang dan mencatat SMS yang perlu di tindak lanjuti pada lembar catatan yang telah disediakan
üMenjelang kedatangan KA di stasiun antara dan akhir menugaskan anoouncer untuk memberikan  informasi kepada penumpang yang akan turun agar mempersiapkan diri.
üBeberapa saat sebelum KA tiba di stasiun akhir  announcer  menginformasikan kepada penumpang dan mengingatkan agar mengecek kembali barang bawaan supaya tidak tertinggal.
üUcapkan terima kasih  telah menggunakan jasa angkutan  Kereta api dan jika kereta api mengalami keterlambat sampaikan permohonan maaf.

intinya MOD memang ditugaskan secara khusus untuk melayani penumpang KA dengan lebih baik lagi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar