Kamis, 27 Januari 2011

SEbenarnya berapa sih kapasitas kereta itu...????

waktuu kecil seneng banget liat kereta yg lg melintas, trus iseng itungin berapa jumlah rangkaian yg dia bawa.....
kalau pas yg diliat kereta BBM yg lewat di delanggu  bisa mpe capek tuh ngitunggnya, pernah kasang sampai 26 gerbong. trus waktu liat KA Babaranjang (batubara) hhmmmm udah ga sanggup ngitung tuh.. so di rekap aja (durasinya lebih dr 10 menit) hhmmmm pasti diatas 50 gerbong tuh...

trus pas udah mulai sekolah sering denger en baca kalau angkutan penumpang dengan kereta api tuh yang paling efisien.. nah looo...??? sebenernya berapa sih kapasitas penumpang yang dapat diangkut oleh tiap krt itu???

mari kita berhitung hehehehehehehehehehe......

kita mulai dari KA Komersial: nahh untuk tiap kereta ( orang biasa sebut Gerbong) Eksekutif yang argo berisi 50 tempat duduk.. jadi kalau misalnya kereta Argo Lawu membawa 8 kereta maka kapasitasnya menjadi 8 x 50 = 400 tempat duduk.. untuk kereta eksekutif/argo maksimal kapasitas yang diijinkan adalah 100%

selanjutnya untuk kereta bisnis, kereta jenis ini memilika kapasitas 64 tempat duduk untuk tiap kereta sedangkan kapasitas maksimal yang diijinkan adalah 125% dari jumlah tempat duduk yang tersedia. jadi jika KA Senja Kediri membawa 7 kereta untuk tiap rangkaian kita bisa menghitung kapasitas angkutnya, tapi perlu diingat untuk kereta makan yang tersedia di rangkaian kereta bisnis ini juga punya 26 / 32 tempat duduk tergantung jenis kereta makan yang dibawanya.

Trus untuk kereta ekonomi, nah kereta jenis ini kapasitasnya lumayan banyak untuk kereta ekonomi yang non AC kapasitas tempat duduknya 106 untuk tiap kereta dan yang AC kapasitasnya 80 tempat duduk untuk tiap kereta , sedangkan dalam kereta makannya mampu menampung 48 tempat duduk, untuk KA Ekonomi ini kapasitas maksimal yang diijinkan 125% khusus pada masa ngkutan lebaran guna menampung lonjakan penumpang kapasitas bisa ditambah hingga 150% dari jumlah total tempat duduk yang tersedia.

untuk kereta lokal dan KRL kapasitasnya berapa ya???
ada banyak jenis kereta lokal
yang pertama KRDE seperti pramek, kereta jenis ini tiap setnya terdiri 5 kereta dengan kapasitas masing2 kereta 105 dan 184 penumpang bagi  yang kelas ekonomi. untuk KRD tiap keretanya memiliki kapasitas 138 penumpang.

nahh sekarang kita bahas kereta0kereta lokal terbaru  yang disediakan oleh PT KAI.
ada KRDI contohnya Lelawangsa, madiun Jaya, arek surokerto tiap setnya terdiri dari 4 kereta yg masing-masing mampu menampung 140 penumpang.  sedangkan untuk KRL tiap setnya memiliki kapasitas 1440.

hhmmm...... kalau diliat kapasitasnya pantas saja kereta dianggap yang paling efisien dalam menganggut penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar