Senin, 31 Januari 2011

KA Bogowonto

Sebuah terobosan baru dari kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Bogowonto adalah KA kelas ekonomi ber-AC, yang melayani jurusan Stasiun Senen-Kutoarjo. Diresmikan oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi didampingi Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Inderawan, dan direksi PT KAI (Persero) di Stasiun KA Senen pada tanggal 3 September 2010.
                Kereta ekonomi AC ini merupakan hasil desain/rancang bangun industri dalam negeri sendiri yaitu PT INKA. Secara umum kereta api dirancang sama dengan kereta api ekonomi sebelumnya namun perbedaannya interior dan kelengkapan penumpang antara lain jumlah tempat duduk. Semula untuk kelas ekonomi jumlah tempat duduk yang tersedia sebanyak 106 tempat duduk, namum dengan kereta baru ini menjadi 80 tempat duduk, dan yang paling utama dilengkapai dengan pendingin udara.
                Kereta ini dirancang dengan kecepatan operasional 100km/jam dengan umur teknis fisik tidak kurang dari 25 tahun. Rangkaian kereta api ini dilengkapi dengan kereta makan, pembangkit listrik, generator berkekuatan 2X259 KVA yang digunakan untuk suplai rangkaian kereta api.
                Dioperasikannya kereta ekonomi AC KA Bogowonto tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kereta api kelas ekonomi. Dengan demikian transportasi kereta api yang banyak digunakan kelas menengah ke bawah itu bisa memperoleh layanan dan jaminan bertransportasi. Kedepannya seluruh kereta api kelas ekonomi akan dilengkapi dengan AC. Dengan peluncuran KA Bogowonto ini mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar