KRL Djoko Vision, Siap Memberikan Informasi Lengkap Kepada Penumpang
Direktur Utama PT KAI (Persero) Ignasius
Jonan mengikuti perjalanan uji coba KRL DJoko Vision mengililingi
wilayah Jabodetabek. Perjalanan yang didampingi EVP Balaiyasa DJoko
Hardianto tersebut mengunjungi PUK Bekasi, PUK Serpong, Depo Bogor,
Depo Depok dan Depo Bukit Duri, Kamis (19/1).
Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan (kedua kiri) didampingi oleh EVP Balai Yasa Manggarai, Djoko Hardijanto (kedua kanan) saat memantau ke Dipo Bekasi.
KRL DJoko Vision merupakan rangkaian
yang memiliki fasilitas multimedia berupa monitor TV yang dapat
menayangkan informasi keberadaan kereta dalam bentuk Visual (video) dan
Voice (suara). Misalnya, kereta telah sampai di Stasiun Depok maka
monitor TV akan memberikan informasi bahwa saat ini kereta memasuki
Stasiun Depok dan penumpang diharapkan untuk bersiap-siap.
EVP Balai Yasa Manggarai DJoko Hardijanto menjelaskan, monitor TV tersebut dapat diisi dengan tayangan video sosialisasi atau video iklan suatu produk tertentu. Sehingga multimedia tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai ruang media komersial yang dapat menghasilkan pendapatan untuk perusahaan.
EVP Balai Yasa Manggarai DJoko Hardijanto menjelaskan, monitor TV tersebut dapat diisi dengan tayangan video sosialisasi atau video iklan suatu produk tertentu. Sehingga multimedia tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai ruang media komersial yang dapat menghasilkan pendapatan untuk perusahaan.
Monitor multimedia yang terpasang di atas KRL
“Kita berusaha membuat Balai Yasa
Manggarai tidak hanya menghasilkan produk kereta saja tetapi juga
menciptakan pendapatan dari iklan yang akan ditayangkan di dalam
multimedia tersebut” ujar DJoko di hadapan Dirut PT KAI, Ignasius
Jonan.
Mendapat penjelasan tersebut, Jonan menyambut positif upaya yang dilakukan Balai Yasa Manggarai dalam berinovasi. Menurutnya, apa yang dilakukan Balai Yasa Manggarai harus didukung semua pihak karena selain dapat meningkatkan layanan kepada penumpang dalam hal kemudahan informasi, multimedia tersebut juga dapat menghasilkan pendapatan untuk perusahaan.
Lebih lanjut, DJoko menjelaskan, dalam satu kereta terdapat 4 monitor TV sehingga dalam satu rangkaian KRL 8 kereta terdapat 32 monitor yang terletak di atas pintu tiap kereta. Penempatan monitor TV dekat pintu sudah dengan perhitungan yang matang dari tim Depo Depok yang mengerjakan multimedia tersebut.
Dalam pengerjaannya, mulai dari konsep hingga terwujud menjadi monitor TV beserta sofwarenya membutuhan waktu lebih kurang lima bulan. Setelah uji coba, Joko mengakui masih perlu dilakukan perbaikan dalam hal materi tayangan sehingga multimedia tersebut memiliki daya tarik yang tinggi untuk para pengiklan.
Disela-sela kunjungan ke PUK dan Depo KRL, Jonan memuji apa yang dilakukan Balai Yasa menggarai karena telah membuat tampilan PUK dan Depo yang terkesan kotor menjadi lebih bersih. Sehingga perawatan kereta menjadi lebih baik karena didukung dengan suasana lingkungan kerja yang bersih dan peralatan kerja yang lengkap.
Mendapat penjelasan tersebut, Jonan menyambut positif upaya yang dilakukan Balai Yasa Manggarai dalam berinovasi. Menurutnya, apa yang dilakukan Balai Yasa Manggarai harus didukung semua pihak karena selain dapat meningkatkan layanan kepada penumpang dalam hal kemudahan informasi, multimedia tersebut juga dapat menghasilkan pendapatan untuk perusahaan.
Lebih lanjut, DJoko menjelaskan, dalam satu kereta terdapat 4 monitor TV sehingga dalam satu rangkaian KRL 8 kereta terdapat 32 monitor yang terletak di atas pintu tiap kereta. Penempatan monitor TV dekat pintu sudah dengan perhitungan yang matang dari tim Depo Depok yang mengerjakan multimedia tersebut.
Dalam pengerjaannya, mulai dari konsep hingga terwujud menjadi monitor TV beserta sofwarenya membutuhan waktu lebih kurang lima bulan. Setelah uji coba, Joko mengakui masih perlu dilakukan perbaikan dalam hal materi tayangan sehingga multimedia tersebut memiliki daya tarik yang tinggi untuk para pengiklan.
Disela-sela kunjungan ke PUK dan Depo KRL, Jonan memuji apa yang dilakukan Balai Yasa menggarai karena telah membuat tampilan PUK dan Depo yang terkesan kotor menjadi lebih bersih. Sehingga perawatan kereta menjadi lebih baik karena didukung dengan suasana lingkungan kerja yang bersih dan peralatan kerja yang lengkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar